Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Plt Dinas Sos Barito Utara Fokuskan Tinjau Sarana Air Bersih di Desa

  • Oleh Ramadani
  • 20 November 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Barito Utara, Eveready Noor mengatakan dalam beberapa hari terakhir ini pihaknya telah mengunjungi beberapa desa.

“Yang menjadi pusat perhatian adalah air bersih. Air bersih ini ada beberapa desa yang menggunakan air dari sumber mata air pegunungan. Alhammdulillah sumber air di desa sudah mengalir dengan baik sampai ke rumah warga,” katanya, Rabu 20 November 2019.

Sehingga katanya, warga tidak lagi mengambil air bersih ke sungai. Desa yang sudah di kunjungi yaitu Desa Baliti, Desa Malungai dan Desa Pendreh.

Ada juga beberapa desa lain yang sama menggunakan sumber mata air. Dengan adanya mata air ini pihak desa juga telah menyiapkan sarana dan prasarananya dengan baik.

“Untuk itu kami mengharapkan kepada pihak desa agar bisa mengelola sumber mata air ini dengan bijak. Jangan menggunakan air yang berlebihan, dijaga sumber airnya, di jaga hutan-hutan yang ada sumber mata air, karena hutan merupakan tempat menyimpan air,” katanya.

Eveready juga meminta kepada desa membuat tempat agar sumber mata air terlindung dari binatang atau kotoran, karena sumber mata air itu yang dinikmati oleh masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan desa-desa yang lain di Barito Utara bisa membuat, walapun tidak ada sumber mata air, mereka bisa membuat embung air dan lainnya sebagainya seperti daerah yang sulit dengan air bersih," katanya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru