Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekarang Belanja Online Logam Mulia Emas Semakin Aman

  • Oleh Inilah.com
  • 21 November 2019 - 06:50 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Tingginya animo masyarakat terhadap belanja logam mulia emas secara online menuntut adanya sistem keamanan berlapis yang mumpuni. Dan kini jaminan itupun sudah di depan mata.

Penjaminan keamanan bertransaksi, ekspedisi terasuransi, hingga pengecekan autentisitas emas menggunakan pemindaian QR Code menjadi kunci untuk merevolusi ekosistem investasi emas berbasis digital di Indonesia.

Hal tersebut terungkap pada forum diskusi yang diselenggarakan oleh ORORI Group dan PT Sampoerna Gold Indonesia (SGI), di Jakarta, Rabu, (20/11/2019).

"Ketika kami memulai ORORI.com pada 2014, lanskap belanja online sangat berbeda. Pada masa itu, toko retail menjadi pilihan utama membeli produk niche seperti perhiasan. Menyadari bahwa kepercayaan pelanggan adalah kunci bisnis untuk melesat, kami mencurahkan porsi fokus terbesar pada penguatan sistem keamanan transaksi. Kami juga memiliki jasa ekspedisi yang mendapatkan pelatihan khusus," kata Triono J Dawis, Direktur ORORI Group.

Menurut dia, keputusan tersebut berbuah manis karena masyarakat merasa yakin terhadap keamanan berbelanja di ORORI.com.

Namun, tantangan lain muncul ketika ORORI.com mulai menyalurkan logam mulia. Pasar jual beli emas yang didominasi oleh mom-and-pop stores memiliki keterbatasan alat untuk mengecek keaslian emas bersegel tertutup.

"Bagi kebanyakan mom-and-pop stores, salah satu cara paling mudah mengecek keaslian adalah dengan menyentuh dan menimbang emas tanpa lapisan penutup apa pun. Itulah mengapa desain kemasan WARIS dapat dibuka dan ditutup tanpa takut rusak," jelas John Aryananda, CEO PT SGI.

WARIS juga diperlengkapi dengan teknologi QR Code terkini yang tersemat pada bagian belakang kemasan. Nantinya, pembeli WARIS dapat mengecek keaslian label melalui aplikasi e-mas, kemudian mencocokkannya dengan kode unik yang terukir pada badan emas.

"Security printing yang baik memiliki ciri tidak dapat dipalsukan, serta dapat dilacak. Secara umum, pemalsuan label dapat dicegah dengan memberikan empat lapisan keamanan, yaitu QR Code, label void, hologram dua warna, dan microporous membrane. WARIS memiliki keempat lapisan tersebut," ungkap Agus Mulyono, CEO Printera.

Sementara itu, pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya berpendapat bahwa perdebatan mengenai system keamanan tanpa celah keamanan mungkin akan terus berlangsung.

Berita Terbaru