Menengok Aktivitas Rumah Singgah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Kuala Pembuang

  • Oleh Magang 2
  • 21 November 2019 - 08:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Rumah singgah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial atau PMKS yang  dikelola Dinas Sosial Seruyan di jalan Adhiyaksa Kuala Pembuang, meskipun hanya menempati salah satu rumah dinas milik dinsos, namun keberadaannya cukup membantu.

Saat ini, rumah singgah PMKS, ditempati dua orang PMKS, dengan latar belakang berbeda. Satu penghuni merupakan mantan penyandang gangguan kejiwaan dan satu orang lainnya tidak memiliki keluarga.

Menurut Plt Kadis Sosial Seruyan, Esdi di dampingi Kabid Rehabilitasi Sosial Mujiyem,  untuk keperluan sehari hari, dinas sosial terus memberikan pelayanan kepada mereka, mulai dari makan hingga keperluan lainnya.

“Karna kondisi mereka berdua tidak memungkinkan untuk memasak, maka setiap hari untuk makan pagi, siang dan malam petugas kami yang mengantar makanan ke rumah singgah,”kata Esdi, Kamis, 21, November 2019.

Keseharian mantan penyandang gangguan kejiwaan yang tinggal di sana, melakukan aktifitas berkebun di lahan belakang rumah singgah, meskipun memiliki keahlian di mebel, namun faktor kesehatan tidak memungkinkan untuk bekerja lagi.

Sedangkan satu penghuni lainnya, hingga saat ini tidak di ketahui alamat keluarganya, kondisinya mengalami kelumpuhan, aktifitas banyak dilakukan di kamar tidur, bahkan untuk berkomunikasi  sangat sulit. (MAGANG 2)

Berita Terbaru