Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hingga Triwulan III 2019, Penjualan Mobil Turun 12 Persen

  • Oleh Teras.id
  • 21 November 2019 - 12:36 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Head of Corporate Strategy and New Business Toyota Astra Motor Lina Agustina mengatakan penjualan mobil hingga kuartal III-2019 turun sekitar 11-12 persen karena berbagai faktor. Mulai dari daya beli masyarakat hingga kondisi politik.

"Bukan hanya faktor ekonomi, kondisi politik yang mulai memanas di awal tahun sampai Oktober kemarin membuat konsumen 'wait and see' baru membeli barang yang sifatnya jangka panjang," kata Lina, seperti dilansir Antara, Kamis 21 November 2019.

Lina mencatat penjualan kendaraan roda empat milik Toyota sendiri turun sekitar 9 persen pada kuartal III-2019.

Faktor lainnya yang membuat lesunya pasar otomotif yakni permintaan kenaikan Upah Minimum Regional (UMR). Demonstrasi buruh pun membuat produksi mobil terhambat hingga membuat pasokan terbatas.

Dari sisi produk, variasi mobil di tahun 2019 tidak banyak, dibandingkan pada 2018. Lina menuturkan banyak varian produk mobil baru yang diluncurkan pada akhir 2017, sehingga mampu mendongkrak penjualan pada 2018.

Secara komposisi, kendaraan komersial, seperti truk berkapasitas 5 ton pun turun signifikan hingga 25 persen, dibandingkan mobil berpenumpang.

"Komersial paling besar dampaknya dari pertumbuhan ekonomi. Suka tidak suka ada dampak, komoditas yang turun. Penggunaan produk komersial mungin karena ada penurunan produksi dan penurunan logistik," kata Lina.

Ia mengatakan prospek industri otomotif sendiri masih akan mengalami pelemahan dengan adanya rencana pemerintah daerah untuk menaikkan pajak kendaraan sebesar 2,5 persen. Kondisi ini, tutur Lina, membuat konsumen tidak berani menghabiskan uangnya untuk membeli mobil.

Namun demikian, produsen otomotif melihat peluang dari perluasan kebijakan ganjil-genap di sejumlah ruas jalan. Kebijakan ini membuat konsumen membeli mobil agar mempermudah mobilitas mereka.

Selain itu, rencana pemerintah untuk memberi insentif terhadap mobil listrik dan mobil hybrid juga tengah ditunggu pelaku usaha otomotif. Aplikasi "ride sharing" seperti Go-Car dan Grab Car juga membuat industri ini masih tetap tumbuh.

Berita Terbaru