Pengayaaan Stok, 9700 Benih Ikan Ditebar di Sungai Seruyan

  • Oleh Magang 2
  • 21 November 2019 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Perikanan terus berupaya menjaga keberlangsungan semua jenis ikan di perairan Sungai Seruyan. Salah satunya dengan memprogramkan pengayaan stok ikan.

Bupati Seruyan Yulhaidir mengatakan, kegiatan penyayaan stok ikan dengan cara melakkan penebaran 9.700 benih ikan dari berbagai jenis di Sungai Seruyan, wilayah Kecamatan Seruyan Hilir, merupakan upaya menambah populasi ikan.

“Pengayaan stok ikan ini terus kita programkan setiap tahun dalam menjaga keberlangsungan populasi ikan tangkapan yang ada di perairan umum daratan,” kata Yulhaidir, Kamis, 21 November 2019.

Menurut Bupati, menjaga stok ikan di perairan umum daratan sangat diperlukan. Ini dalam rangka mengimbangi penangkapan untuk keperluan konsumsi dengan stok ikan yang ada .

“Pengayaan ini dilakukan Pemkab Seruyan, terutama pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan jumlah hasil tangkapan akibat tingkat pemanfaatan hasil ikan berlebih,” tambahnya.

Sementara itu Kadis Perikanan Seruyan Abu Hasan menyebut ada tiga jenis ikan yang dilakukan pelepasan benihnya. Ketiganya adalah Ikan Jelawat sebanyak 3.500 ekor, Gurame 2.400 ekor dan Patin sebanyak 3.800 ekor.(MAGANG 2/m)

Berita Terbaru