Satpol PP Kapuas dan Instansi Terkait Pantau Pendistribusian Gas Elpiji 3 Kilogram

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 November 2019 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Satpol PP Kabupaten Kapuas bersama instansi terkait melaksanakan pemantauan pendistribusian gas elpiji 3 kilogram. Hal itu sebagai respon keluhan masyarakat karena terkadang langka dan harga melambung.

Pemantauan itu dilakukan bersama instansi terkait. Yakni petugas dari Disdagperinkop dan UKM Kapuas, serta Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kapuas.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kapuas, Syahripin mengatakan, dari hasil pemantauan itu pangkalan menjual berdasarkan harga dari yang dipatok agen. Kemudian juga dalam pendistribusian terjadi fluktuasi harga, ditambah biaya penurunan dari angkutan yang dipatok pengantar.

"Iya kami sudah pantau dan terjadi lonjakan harga tingkat pengecer. Kita minta perjanjian pada pangkalan agar mengutamakan pembeli masyarakat yang membutuhkan. Jika tidak akan dilakukan penindakan," ucap Syahripin, Kamis, 21 November 2019.

Selain itu, dia juga mengusulkan agar lebih baik jika memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengelola pendistirbusian elpiji 3kg tersebut.

"Ini biar dapat mengurangi penyimpangan yang menimbulkan keluhan langka maupun harga melonjak," katanya

Terlebih lagi, dengan begitu juga mengatifkan pengawasan RT dan kepala desa setempat. Sehingga pendistribusiannya lancar dan tepat sasaran. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru