Penyambutan Kapolres Kapuas Baru Diawali Tradisi Adat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 November 2019 - 15:12 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Penyambutan Kapolres Kapuas yang baru, AKBP Esa Estu Utama didampingi istrinya diawali dengan tradisi adat Dayak, yakni potong pantan, saat memasuki pintu gerbang polres, Jumat siang, 22 November 2019.

Penyambutan berupa tradisi potong pantan tersebut dipandu Damang Kecamatan Selat, Hendri S Dinan.

Dia mengatakan prosesi itu merupakan sebuah tradisi leluhur suku Dayak dalam menyambut pejabat baru di wilayah setempat, agar dalam menjalankan tugas bisa berjalan dengan baik dan lancar.

"Dalam acara adat ini pejabat baru sebelum mulai bekerjanya, harus memotong pantan yang sudah disiapkan ini terlebih dahulu," kata Hendri.

Sementara itu, Kapolres Kapuas AKBP Esa Estu Utama mengungkapkan harapan ke depannya, yakni adanya dukungan semua pihak saat menjalankan tugas agar optimal. Guna terus menjaga kondisi keamanan di wilayah setempat.

"Kami akan terus mengupayakan dalam menjaga situasi yang kondusif, sehingga masyarakat merasa nyaman dan aman," tuturnya.

Setelah pantan terpotong, Kapolres Kapuas juga disambut dengan tradisi injak telur dan tampung tawar hingga disambut upacara pedang pora. AKBP Esa Estu Utama menggantikan Kapolres sebelumnya AKBP Tejo Yuantoro yang pindah tugas ke Polda Sumbar. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru