Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara akan Tindak Kegiatan Illegal Fishing

  • Oleh Ramadani
  • 22 November 2019 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pihak Pemkab Barito Utara akan menindak atas kasus penangkapan ikan dengan cara yang ilegal atau illegal fishing seperti setrum, racun, dan bom sehingga merusak biota perairan.

“Untuk itu, Pemkab Barito Utara akan akan bekerjasama dengan pihak aparat penegak hukum dalam hal penindakannya,” kata  Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, Jumat 22 November 2019.

Karena, menurut dia, efek negatif dari illegal fishing ini sangat tinggi sekali, terutama populasi ikan yang ada di sungai lebih cepat punah, dan juga bila di konsumsi akan berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, tambah dia, efek negatifnya terutama bagi anak-anak dan orang dewasa yang mengkonsumsi ikan dari hasil ilegal fishing akan terkontaminasi penyakit yang tidak bisa disembuhkan secara medis.

“Ini yang menjadi PR kita, Pemerintah Kabupaten Barito Utara. Banyak laporan dan masukan baik dari warga, WWI dan penjaga pantai, bahwa banyak kegiatan ilegal fishing saat ini sangat semarak, karena mereka tidak memikirkan untuk jangka panjangnya,” kata bupati yang akrab disapa H Koyem ini.

Kerana, kata Koyem, masyarakat masih sering mengonsumsi hasil perairan seperti ikan. Namun mereka tidak mengetahui hasil tangkapan tersebut ditangkap dengan cara yang legal atau ilegal, berbahaya apa tidak.

Dia mengharapkan pula, masyarakat yang mengetahui adanya kegiatan penangkapan ikan dengan cara ilegal agar dapat melaporkannya kepada pihak hukum, sehingga dapat segera dilakukan penindakan. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru