Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jaga Populasi Ikan, DKPP Barito Utara akan Tebar Benih Ikan Setiap 6 Bulan

  • Oleh Ramadani
  • 22 November 2019 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Dalam rangka menjaga populasi ikan di perairan di Kabupaten Barito Utara Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan atau DKPP Barito Utara akan melakukan penebaran benih ikan setiap enam bulan sekali.

Plt Kepala DKPP Barito Utara Ir Sugeng mengatakan, hal ini sebagai tindak lanjut dari arahan dari bupati untuk melakukan restocking di perairan seperti danau butong, Dam Terinsing, Dam Trahean dan di sungai Barito.

“Hal ini dilakukan dalam rangka agar ikan-ikan di daerah kita ini tidak punah begitu saja. Karena apa yang dikatakan olah bapak bupati tadi ilegal fishing marak sekali di daerah ini. Untuk itu secara efektif setiap enam bulan sekali kita menindak lanjuti untuk penaburan benih ikan-ikan di wilayah Barito Utara,” kata Sugeng, Jumat 22 November 2019.

Sugeng juga mengatakan bahwa musim kemarau yang berkepanjangan ini juga akan berdampak terhadap ekonomi, terutama usaha-usaha bidang perikanan. Ikan kita produktifitasnya akan menurun dan pembenihan yang berada ditiga tempat juga menurun.

“Untuk itu langkah-langkah kita dalam waktu satu setengah bulan ini akan kita genjot,” jelasnya.

Menurutnya, produktivitas benih di beberapa Balai Benih Ikan (BBI) yang ada di Barito Utara terus mengalami peningkatan. Seperti, kata dia, di BBI Lahei ada sekitar 6 ribu ekor gurami dalam waktu satu bulan lalu, di BBI Trinsing ada ikan nila, ikan mas dan ikan-ikan lainnya, serta di Dinas KPP ada ikan nila dan ikan lele. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru