Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelompok Wanita Tani di Desa Putut Tawuluh Kembangkan Ayam Kampung Ungggul

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 November 2019 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kelompok Wanita Tani Tunas Harapan di Desa Putut Tawuluh Kecamatan Karunsen Janang, mengembangkan Ayam Kampung Ungggul Balitbangtan (KUB).

Pengembangan ayam KUB merupakan program Balai Pengkajian Teknoogi Pertanian (BPTP) Kalimantan Tengah yang telah merambah 3 Kabupaten dari 14 kabupaten/ kota yang ada di Kalimantan Tengah, salah satunya yakni kabupaten Barito Timur," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi, Jumat, 22 November 2019.

Ayam KUB merupakan ayam kampung hasil seleksi genetik yang memiliki keunggulan antara lain mampu bertelur hingga mencapai 160-180 butir per ekor per tahun, masa mengeram berkurang sampai 10 persen dibanding ayam kampung biasa sehingga ayam jenis ini lebih cepat bertelur kembali.

Permintaan ayam kampung yang setiap tahun meningkat serta nilai jualnya yang lebih tinggi dibanding ayam jenis lain, menjadi peluang yang baik bagi petani peternak di Kabupaten Barito Timur.

"Ayam KUB dapat digunakan sebagai sumber bibit parent stock untuk penyediaan DOC (Day Old Chicken) ayam kampung, baik untuk keperluan ayam potong maupun untuk petelur," imbuh Riza.

Dia juga mengungkapkan animo masyarakat untuk mengembangkan ayam KUB sebagai ayam pedaging maupun ayam petelur saat ini sangat besar. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru