Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peningkatan Penyerapan Anggaran, Sekda Palangka Raya: Lelang 2020 Diupayakan Awal Tahun

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 22 November 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Untuk meningkatkan penyerapan anggaran pada tahun 2020, setiap OPD selaku pengguna anggaran harus sejak awal tahun melakukan pelelangan pekerjaan fisik. Penekanan ini disampaikan Sekda Palangka Raya, Hera Nugrahayu, Jumat 22 November 2019.

"Kedepan diharapkan pembangunan fisik, dapat dilakukan lebih awal, misalnya untuk tahun 2020, maka kegiatan lelang pekerjaan dapat dilakukan pada Januari 2020. Begitupula laporan administrasi  bisa  berjalan sesuai dengan kualitas  serta selesai tepat waktu," imbuhnya.

Menurut Hera jika pada tahun ini penyerapan anggaran dimasing-masing OPD belum maksimal maka harus terus dievaluasi dan diperbaiki agar bisa maksimal.

"Sesama OPD harus saling belajar. Jika OPD ini penyerapan anggarannya bagus maka dicaritahu tipsnya apa. Saling belajar saya kira tidak bermasalah," ujarnya.

Menurut Hera, jika optimalisasi penyerapan anggaran sejak awal tahun maka sangat membantu setiap OPD untuk melakukan evaluasi secara berkala dan juga tidak terkesan terburu-buru.

"Kalau sudah serapannya diakhir-akhir masa tahun anggaran maka kesulitannya kita dikejar waktu dan jadinya menjadi tidak maksimal atau optimal," beber Hera. (ARNOLD/B-5)

Berita Terbaru