Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Depok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Qlue Pimpin Implementasi Kota Cerdas di Barcelona

  • Oleh Inilah.com
  • 22 November 2019 - 23:40 WIB

INILAHCOM, Barcelona - Perusahaan ekosistem smart city terlengkap di Indonesia, Qlue, berpartisipasi dalam salah satu acara smart city terbesar di dunia, Smart City Expo World Congress (SCEWC) 2019, yang digelar pada 19-21 November 2019, di Fira Barcelona Gran Via, Barcelona, Spanyol.

Qlue, didukung oleh Kantor Dagang Kedutaan Besar Spanyol untuk Indonesia dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), memimpin delegasi Indonesia untuk melihat penerapan smart city di berbagai kota di negara lain melalui ajang tersebut.

SCEWC 2019 adalah salah satu konferensi dan pameran smart city terbesar di dunia yang mempertemukan badan-badan pemerintahan dan organisasi yang berkomitmen untuk pengembangan kota cerdas yang berkelanjutan.

Founder & CEO Qlue Rama Raditya menjelaskan Smart City Expo World Congress (SCEWC) merupakan kongres yang menghadirkan berbagai inovasi kota pintar di seluruh dunia yang akan dihadiri sekitar 25.000 pengunjung yang berasal dari 700 kota di 146 negara.

Dalam SCEWC 2019, Qlue berpartisipasi dengan menunjukkan berbagai solusi smart city yang fokus untuk meningkatkan kualitas keamanan, keselamatan, mobilitas, dan lingkungan dengan menampilkan QlueApp, aplikasi pelaporan warga, QlueWork, aplikasi mobile workforce, QlueVision, artificial intelligence computer vision, serta solusi Internet of Things (IoT) terbaru di bidang smart environment untuk mengurangi dampak negatif polusi udara.

"Partisipasi Qlue dalam SCEWC 2019 sejalan dengan komitmen Qlue untuk terus berinovasi mengembangkan solusi smart city dan membawa perubahan positif di Indonesia, dan seluruh dunia. Dalam kegiatan ini, Qlue juga dipercaya oleh Atase Perdagangan Kedutaan Besar Spanyol untuk Indonesia dan APEKSI untuk memimpin delegasi Indonesia," kata Rama dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

"Kami berharap kunjungan tersebut akan memacu para pemimpin kota di Indonesia akan semakin terpacu untuk berinovasi memajukan kotanya dan menjadi lebih terbuka mengenai berbagai solusi kota pintar yang cocok untuk diterapkan di Indonesia," imbuhnya.

Sementara itu, Atase Perdagangan Kedutaan Besar Spanyol untuk Indonesia Ral Merchan Fernndez mengatakan bahwa pihaknya merasa senang bisa mendampingi Qlue sebagai salah satu delegasi Indonesia

"Karena kami menganggap Qlue sebagai salah satu pemain utama dan contoh perusahaan di Indonesia yang bergerak di sektor kota pintar, baik di sektor pemerintahan maupun korporat. Dengan SCEWC 2019, kami berharap dapat meningkatkan hubungan bisnis antara dua negara," ujar dia.

Sementara itu, Ketua APEKSI Airin Rachmi Diany mengatakan, APEKSI menjalin kerja sama dengan Atase Perdagangan Kedutaan Besar Spanyol untuk Indonesia dan Qlue mengikuti SCEWC 2019 untuk dapat belajar langsung praktik terbaik penerapan smart city di berbagai belahan dunia.

Berita Terbaru