Dinas Sosial Kalteng Imbau Waspadai Bencana di Musim Hujan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 23 November 2019 - 11:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah mengimbau masyarakat untuk mewaspadai bencana di musim hujan. Baik itu banjir maupun angin puting beliung.

"Tetap waspada karena puting beliung bisa berpotensi terjadi dimana saja," pesan Sekretaris Dinsos Kalteng Budi Santoso mewakili Kadis Sosial, Suhaemi, Sabtu, 23 November 2019.

Budi menuturkan, jika dalam bencana angin puting beliung mengakibatkan kerusakan rumah di bawah 50 unit, maka dinas sosial di wilayah memiliki peran tanggung jawab membantu.

Tetapi, jika lebih dari 50 unit, tanggung jawab membantu ada di Dinsos Kalteng. Berikutnya, apabila mencapai angka ratusan, Kementerian Sosial Pusat akan turun tangan.

"Jadi semua ada jenjangnya. Mulai tingkatan di masing-masing daerah, provinsi sampai pusat," ungkapnya.

Ia menambahkan, bantuan akibat bencana angin puting beliung bisa berbentuk perbaikan rumah rusak, sembako dan lainnya. Meski demikian, Budi berharap Kalimantan Tengah terhindari dari segala bencana.

"Mari berdoa bersama semoga dijauhkan dari bencana," tutur Budi. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, bencana angin puting beliung melanda di daerah Kabupaten Kotawaringin Timur

. Wilayah Pasar Tradisional Al Kamal di Jalan Hasan Mansur, Kelurahan Baamang Tengah, Kecamatan Baamang yang terkena bencana tersebut. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru