Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Melihat Hasil Tangkapan Ikan Warga Gunung Mas di Sungai Kahayan 

  • 23 November 2019 - 15:36 WIB

BORNEONESWS, Kuala Kurun - Sungai Kahayan yang membelah Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah dan juga bermuara di Kabupaten Gunung Mas itu banyak hidup jenis ikan berukuran kecil hingga besar, salah satunya ikan Lais Tabiring. 

Beruntung bagi salah satu warga Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas,  bisa mendapatkanLais Tabiring di Sungai Kahayan. 

Barlin mengatakan, Ikan Lais Tabiring  didapatnya dari hasil memancing menggunakan teknik chasting dan memakai umpan palsu atau umpan tiruan ikan sebagai umpannya. 

Ia mengaku, hobi memancing sudah sejak lama digemarinya, bahkan sekitar 12 tahun yang lalu sudah memancing menggunakan tehnik chasting. 

"Kalau tidak salah saya mulai menggunakan tahnik casting ini dari 2008 yang lalu," kata Barlin, Sabtu 23 November 2019.

Ia menuturkan, ikan Lais Tabiring merupakan ikan yang hidup di perairan tawar. Ikan ini gemar mencari makan dengan memangsa ikan kecil, baik yang ada diatas permukaan sungai atau di dasar sungai. 

Jika ingin mancing ikan Lais Tabiring, saat kemarau menjadi musim yang sangat tepat. Umumnya, diawali dari bulan Juli hingga November saat mendekati ke musim penghujan. 

Di sungai Kahayan ini, tidak hanya ikan Lais Tabiring,  banyak jenis-jenis ikan lainnya yang berkembang secara baik dengan ukuran yang beragam, seperti Ikan Bilis, Seluang, Juah, Salap, Sapan, Hampala, Patin Sungai, bahkan Bagarius Yarelli

Pria yang juga aktif di Komunitas Gunung Mas Fhising Club atau GFC itu, menuturkan ikan sekelas Lais Tabiring, tak mudah ditaklukan, terutama yang berukuran besar atau montster. 

Berita Terbaru