Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Presiden Bertolak ke Korea Selatan untuk KTT ASEAN

  • Oleh Inilah.com
  • 23 November 2019 - 21:46 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan terbatas telah bertolak menuju Korea Selatan untuk melakukan kunjungan kerja, salah satunya menghadiri rangkaian acara KTT ASEAN - Korea Selatan.

Rombongan lepas landas memakai pesawat kepresidenan, Indonesia-1, dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu (23/11/2019).

KTT ASEAN-Korea Selatan akan memperingati 30 tahun kemitraan antara organisasi kawasan dengan Korea yang dilangsungkan pada 25-26 November 2019. Konferensi itu mengusung tema "Kemitraan bagi Perdamaian, Kesejahteraan bagi Semua".

Menurut Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dalam KTT ASEAN-Korea Selatan itu, Jokowi akan membahas kerjasama ASEAN-Korea Selatan untuk 30 tahun mendatang, termasuk kerjasama konektivitas dan upaya menjaga stabilitas kawasan.

"Selama berada di Busan, Presiden akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan juga bertemu dengan beberapa CEO Korea Selatan. Dan tidak kalah pentingnya petemuan dengan kelompok ilmuwan dan peneliti muda Indonesia di Korea Selatan," kata Heru dalam keterangan pers Kepala Biro Pers, Media dan Informasi di laman Sekretariat Presiden.

Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan, dijadwalkan tiba kembali di Tanah Air pada 27 November 2019 dini hari.

Sejumlah pejabat yang mendampingi Jokowi dalam penerbangan ke Korea Selatan antara lain Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dan Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

Selain itu, Sekretaris Militer Presiden, Mayor Jenderal TNI Suharyanto, Kepala Protokol Negara, Andri Hadi, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dan Juru Bicara Presiden, M Fadjroel Rachman, juga turut dalam penerbangan itu.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, telah berada di Korea Selatan untuk mempersiapkan kunjungan .

Lalu turut mengantar keberangkatan Jokowi dan Ibu Iriana di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, antara lain Wakil Presiden, Maruf Amin, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, Menteri ESDM, Arifin Tasrif, Menteri BUMN, Erick Thohir, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Idham Azis, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. [INILAH.COM/tar]

Berita Terbaru