Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasat Lantas Polres Kapuas Harap Pengendara Semakin Taat dan Sadar Keselamatan Berlalu Lintas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 November 2019 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kasat Lantas Polres Kapuas AKP Abdul Wakid mengharapkan pengendara di jalan raya semakin taat dan sadar akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas, khususnya di wilayah hukum polres setempat.

Terlebih, menurut dia mengacu pada Operasi Zebra Telabang 2019 ini Satlantas Polres Kapuas telah menindak sebanyak 1.163 pelanggar.

"Dari jumlah pelanggar ini tentu kami harapkan pada tahun yang akan datang kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dapat meningkat," ucap AKP Abdul Wakid, Minggu,

Akan tetapi, dia menuturkan terkait jumlah pelanggaran ini cukup banyak salah satunya karena seiring bertambahnya jumlah kendaraan yang ada, adapun jenis pelanggaran selama operasi zebra tersebut bervariasi.

"Pelanggran selama operasi zebra tersebut diantaranya pengendara roda dua yang tidak bisa menunjukan SIM, kemudian tidak menggunakan helm dan pengemudi tidak menggunakan sabuk pengaman," kata AKP Abdul Wakid.

Sedangkan, jenis pelanggaran lain seperti pengendara anak di bawah umur, serta mereka yang berada dalam usia produktif juga banyak, sehingga jadi perhatian bersama.

"Dalam Operasi Zebra kemarin itu polanya penegakan hukum, preentif dan preventif," tuturnya.

Sebelumnya pihaknya sudah gencar melakukan berbagai sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran berkendara, sehingga dapat terwujudnya Kamseltibcar atau keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

"Selain itu juga demi meminimalisir angka kecelakaan di jalan raya khususnya di wilayah hukum Polres Kapuas ini," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/m)

Berita Terbaru