Tim dan Pebalap MotoGP Lanjutkan Persiapan Musim 2020 di Jerez

  • Oleh ANTARA
  • 25 November 2019 - 07:00 WIB

Jakarta (ANTARA) - Setelah merampungkan tes pramusim di Valencia pekan lalu, tim dan pebalap melanjutkan persiapan mereka menghadapi musim balapan MotoGP 2020 ke Sirkuit Jerez-Angel Nieto selama dua hari mulai Senin.

Yamaha berharap meneruskan tren positif performa mereka setelah mendominasi catatan waktu di tes Valencia di mana Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) menjadi pebalap tercepat mengungguli duo tim Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

"Tentunya ini awal yang positif dari tahun baru balapan. Kemarin kedua pebalap mencoba purwarupa motor baru untuk pertama kalinya dan impresi mereka cukup positif, khususnya mengenai mesin karena itu yang kami fokuskan di tes ini," direktur tim Monster Energy Yamaha Massimo Meregalli di laman resmi tim.

Di Jerez, Vinales dan Valentino Rossi akan melanjutkan pengembangan purwarupa motor YZR-M1 2020, sementara duo tim satelit masih menanti untuk menjajal motor pabrikan Yamaha yang dipakai tahun depan.

Kubu rival, Repsol Honda, menugasi juara dunia tahun ini Marc Marquez menjajal sejumlah komponen motor yang dipakai tahun depan dan fairing baru di Valencia. Sedangkan sang adik, Alex, menambah jam terbangnya melakukan adaptasi dengan motor MotoGP setelah dipromosikan naik ke kelas premier mengisi bangku yang ditinggalkan Jorge Lorenzo.

Sementara itu, Suzuki akan melanjutkan menguji komponen mesin dan elektronik dari motor GSX-RR di Jerez. Joan Mir dan Alex Rins konsisten di peringkat 6 dan 7 selama dua hari tes di Valencia.

Mir, Rins bersama pebalap uji Sylvain Guintoli akan melanjutkan pengembangan mesin 2020 dan sasis yang telah mereka uji di Valencia ke Jerez.

"Sementara saat ini kami fokus di mesin dan elektronik, di Sepang (Februari) kami bisa fokus di setup yang lebih umum, dan kami bisa memiliki suku cadang baru di bagian sasis," manajer tim Suzuki Ecstar Davide Brivio.

Di garasi Ducati, Andrea Dovizioso cukup puas dengan performa awal purwarupa motor 2020 mereka dan akan menggunakan dua hari tes di Jerez untuk mengumpulkan data sebelum menguji satu lagi motor purwarupa di Sepang pada Februari.

Sayangnya, rekan satu tim Dovi, Danilo Petrucci melewatkan sebagian besar tes di Valencia karena belum terlalu fit. Pebalap tim Pramac Racing Jack Miller siap mengemban tugas dari Ducati jika Petrucci belum bisa turun di Jerez.

Berita Terbaru