Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini 2 Isu Kesehatan Utama Harus Tuntas Wujudkan SDM Berkualitas

  • Oleh Budi Yulianto
  • 25 November 2019 - 06:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melalui Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri menyebut ada dua isu kesehatan utama yang harus dituntaskan untuk mewujudkan pembangunan sumber daya manusia atau SDM yang berkualitas.

"Pertama, stunting. Pemerintah Kalteng bertekad menanggulangi serta menurunkan angka stunting melalui aksi "Ela hindari stunting". Maksudnya adalah jangan ada lagi ditemukan kasus stunting di Kalteng," kata sekda mewakili Gubernur Kalteng Sugianto, Minggu, 24 November 2019.

Kedua, lanjutnya, jaminan kesehatan nasional. Pemerintah provinsi memberikan perhatian besar terhadap pelayanan kesehatan di Kalteng, terkait program JKN dengan memberikan Kartu Kalteng Berkah atau KKB bagi 71.371 peserta kabupaten dan kota. 

Gubernur turut mengajak untuk bersama-sama melakukan aksi "Ela hindai stunting" demi mencapai Kalteng Berkah. Tentunya hal itu harus menguatkan koordinasi bersama antara pemerintah dan masyarakat luas melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas. 

Pemerintah juga menyambut positif atas terselenggaranya rangkaian acara Hari Kesehatan Nasional atau HKN yang ke-55. Puncaknya adalah jalan sehat Germas yang dipusatkan di Bundaran Besar Palangka Raya. 

Di momen itu, juga digelar pemeriksaan dan pengobatan kesehatan secara gratis, donor darah hingga penyuluhan kesehatan. (BUDI YULIANTO/B-5/ADV)

Berita Terbaru