Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menhub Minta Penyebab KM Mitra Sejahtera IX Tenggelam Diusut

  • Oleh Inilah.com
  • 25 November 2019 - 08:40 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan atau Menhub, Budi Karya Sumadi, meminta Direktorat Jenderal Hubungan Laut (Dirjen Hubla), mengusut penyebab tenggelamnya kapal KM Mitra Sejahtera IX bermuatan kontainer di perairan Makassar, Sulawesi Selatan.

"Saya prihatin atas terjadinya peristiwa ini dan saya telah instruksikan Dirjen Hubla untuk mengusut penyebab tenggelamnya kapal tersebut," jelas Budi Karya dalam keterangan tertulis, Minggu (24/11/2019).

KM Mitra Sejahtera IX dilaporkan tenggelam pada Sabtu (23/11), sekitar pukul 07.00 WIT. Selain minta penyebab tenggelamnya kapal diusut, Budi juga meminta Dirjen Hubla mengoreksi dan mengimbau seluruh stakeholder untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam melakukan pelayaran agar kejadian serupa tak terulang.

Dalam kejadian ini seluruh awak kapal yang berjumlah 15 orang berhasil dievakuasi dengan selamat. Saat dievakuasi, para awak kapal sudah dalam kondisi terapung menggunakan life jacket.

Para korban ditolong oleh awak kapal lainnya yang kebetulan berada dekat titik koordinat tenggelamnya KM Mitra Sejahtera IX.

"Saya apresiasi kepada awak kapal dari ketiga kapal yang telah melakukan evakuasi terhadap seluruh awak kapal dengan selamat," ujar Budi.

Tiga kapal yang mengevakuasi awak KM Mitra Sejahtera IX adalah KM Sinar Harapan 78, KM. Mentari Nusantara, dan KM. Mutiara Indah. Mereka mendengar pesan dari radio komunikasi mengenai kondisi KM Mitra Sejahtera IX yang akan karam. [INILAHCOM/gam]

Berita Terbaru