Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Kotim: Guru Harus Bisa Lakukan Perubahan terhadap Murid

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 25 November 2019 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri mengatakan, seyogyanya guru harus melakukan perubahan terhadap murid - murid mereka.

"Diharapkan guru bisa memberikan perubahan. Terutama dari hal kecil, agar murid bisa mendapatkan pembelajaran yang terbaik dan berguna untuk dirinya di masa yang akan datang," ujar Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, saat menjadi inspektur upacara Hari Guru Nasional ke-25 dan HUT PGRI ke-74, di Stadion 29 November Sampit, Senin, 26 November 2019.

Perubahan kecil yang harus dilakukan oleh guru di antaranya adalah, harus mengadakan kelas diskusi bukan hanya mendengar, berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas, cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas. 

Temukan suatu bakat di dalam diri murid yang kurang percaya diri. Dan tawarkan bantuan kepada guru yang mengalani kesulitan. 

"Kalau itu dijalankan, maka akan berdampak terhadap perubahan yang besar terhadap pendidikan di daerah ini," kata Taufiq. 

Sementara, pada saat memimpin upacara tersebut, Taufiq juga membacakan sambutan Mntri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim. Isinyapun sangat singkat dan padat. Namun sangat mengena untui para guru saat ini. 

Terutama terkait dengan isinya yaknia, "Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberikan aturan dibandingkan pertolongan." 

Selain itu, "Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak bisa diukur melalui hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan." 

Hal itulah yang harus dirubah saat ini. Meskipun tidak akan mudah dan penuh dengan ketidaknyamanan. Namun perubahan semuanya diawali dan diakhiri oleh guru. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru