Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Utara Resmikan Cagar Budaya Rumah Singa Ngenuh

  • Oleh Ramadani
  • 25 November 2019 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah meresmikan cagar budaya Singa Ngenuh sekaligus pemindahan rumah leluhur Singa Ngenuh, di Desa Ketapang, Kecamatan Gunung Timang.

Pemindahan rumah leluhur dilakukan oleh toko atau warga adat setempat  yang disaksikan oleh Buparti Barito Utara, H Nadalsyah beserta jajarannya,  Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, Dinas terkait, para tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama.

Dengan dipindahnya Rumah Leluhur Singa Ngenuh diharapkan dapat menjadi Cagar Budaya sebagai salah satu destinasi wisata di Barito Utara pada umumnya.

Pemindahan rumah leluhur Singa Ngenuh dilakukan karena sudah tidak layak lagi, termakan usia.

Menurut Nadalsyah, Senin 25 November 2019, Singa Ngenuh merupakan tokoh masyarakat yang memiliki kharisma khususnya bagi masyarakat Suku Dayak Taboyan / Tawoyan / Tewoyan di sepanjang Sungai Setalar.

Suku Dayak Taboyan merupakan salah satu penduduk asli Barito Utara yang ada di Kalimantan Tengah, khususnya Barito Utara yaitu Kecamatan Gunung Timang, Teweh Timur dan Gunung Purei. Serta, masih ada leluhurnya dan keturunannya yang bermukim di luar Barito Utara berdasarkan aliran sungai atau daerah lainnya seiring dengan perkembangan zaman.

“Sedangkan Sungai Setalar saat ini dikenal dengan nama Sungai Montallat, di mana di sepanjang DAS Setalar terdapat banyak desa dari hulu ke hilir yaitu Desa Tongka, Siwau, Sangkorang, Pelari, Jaman, Payang Ara, Kandui, Majangkan, Baliti, Walur, Ketapang, Rarawa, dan Malungai,” ungkapnya.(RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru