Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Hasil Penelitian Tahap Awal tentang Bajakah

  • Oleh Budi Yulianto
  • 25 November 2019 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional atau B2P2TOOT Tawangmangu menyampaikan hasil penelitian tahap awal terkait dengan Bajakah. 

Kepala balai tersebut, Akhmad Saikhu bersama Sekda Kalteng Fahrizal Fitri nampak menunjukkan buku berjudul uji pendahuluan berbagai jenis Bajakah dari Kalimantan Tengah sebagai anti kanker di ruang rapat sekda, lantai II, kantor Gubernur Kalteng, Senin, 25 November 2019.

"Sample yang diambil itu dari wilayah Gunung Mas, Pulang Pisau dan yang ada di Pasar Kahayan, Palangka Raya," kata sekda Kalteng.

Sekda kemudian mempersilakan kepala balai tersebut, Akhmad Shaikhu didampingi Mujahid untuk memaparkan hasil penelitian kepada awak tersebut. 

Akhmad Saikhu mengatakan bahwa proses penelitian masih panjang jika sampai digunakan sebagai obat penyembuh kanker.

"Ada 8 sample yang kita ambil. Dari hasil itu, baru ada 5 yang sudah teridentifikasi. Sedangkan yang 3 nya belum karena ketidaklengkapan organ tumbuhannya," ungkapnya.

"Jadi tahap awal ini untuk mengetahui kandungan zat dalam Bajakah. Memang ada potensi Bajakah memiliki aktifitas anti kanker tapi masih perlu kajian yang panjang," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru