185 Personel Polres Katingan Amankan Pilkades Serentak di 74 Desa

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 November 2019 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jajaran Polres Katingan menerjunkan sebanyak 185 personel untuk mengamankan pemilihan kepala desa atau Pilkades serentak, Senin, 25 November 2019.

Menurut Kapolres Katingan AKBP Andri Iswan Ansyah, dari 74 desa yang menggelar pilkades, ada sebagian TPS yang dinilai rawan.

"Sebanyak 54 TPS aman dan 61 TPS rawan, sehingga Polres Katingan mengawal pelaksanaan pencoblosan Pilkades dengan jumlah personel yang disiapkan sebanyak 176 orang ditambah 9 Pamatwil,” kata Kapolres Katingan AKBP Andri Iswan Ansyah.

Pengamanan Pilkades ini dilakukan tidak hanya dari unsur kepolisian, tetapi juga petugas linmas desa. 

Adapun jumlah personel pengamanan di masing-masing desa tidak sama, tergantung dari tingkat kerawanan wilayah yang sebelumnya telah dipetakan Polres Katingan.

Terkait dengan pengamanan tersebut Polres Katingan telah membagi menjadi dua wilayah, yakni wilayah aman dan wilayah rawan. Untuk wilayah aman, akan diterjunkan untuk satu TPS satu Polisi, dibantu 2 anggota Linmas. Sedangkan untuk satu TPS Rawan 2 Polisi dan 2 anggota linmas.

Kapolres mengimbau kepada panitia pilkades, masyarakat maupun peserta pilkades untuk tidak melakukan hal yang berpotensi menimbulkan pelanggaran.

Selain pengawasan terhadap kemungkinan terjadi pelanggaran, Polres Katingan juga menerjunkan anggota Reskrim, Sat Intelkam untuk pengamanan tertutup,  mewaspadai kemungkinan adanya pelanggaran Pilkades atau tindak pidana lainnya selama berlangsungnya pencoblosan Pilkades.

Kapolres mengimbau agar masing-masing pendukung calon kepala desa dapat meredam tensi politik, sehingga pilkades dapat berjalan dengan aman, lancar dan terkendali. (ABDUL GOFUR/B-2).

Berita Terbaru