Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kecamatan Teweh Tengah Banyak Belum Terdaftar Sebagai Peserta JKN-KIS

  • Oleh Ramadani
  • 26 November 2019 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Muara Teweh, Iwan Adriady mengungkapkan, kepesertaan JKN- KIS di Kabupaten Barito Utara telah mencapai sekitar 80 persen.

Namun,  secara umum, dari total 150 ribu warga Barito Utara, sekitar 129 ribu orang sudah masuk dalam program JKN-KIS.

Iwan Adriady mengungkapkan, warga Kabupaten Barito Utara yang belum terdaftar sebagai kepesertaaan JKN-KIS diperkirakan mencapai 20 ribu lebih. “Dari 20 jiwa tersebut, kecamatan Teweh Tengah lah yang paling banyak belum terdaftar sebegai peserta,” ungkap Iwan, Selasa 26 November 2019.

Untuk di Kecamatan Teweh Tengah tersebut yakni warga di dua kelurahan yakni Kelurahan Melayu dan Lanjas.

Iwan juga mengungkapkan bahwa pihaknya terus berupaya menghimbau dan mensosialisasikan program JKN-KIS kepada masyarakat melalui Camat, Lurah, Kades, RT dan langsung kepada masyarakat.

Iwan mengatakan, pemerintah sangat memperhatikan warga untuk mendapatkan jaminan kesehatan, namun diharapkan masyarakat juga dapat aktif untuk mendaftarkan diri sebagai kepesertaan JKN-KIS.

“Apabila memang tidak mampu, masyarakat dapat mengajukan kepesertaannya kepada pemerintah yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah,” terangnya.

Salah satu pengajuan tersebut dapat dilakukan ke Dinas Kesehatan maupun Dinas Sosial. Dimana untuk pengajuan kepada dinas kesehatan yakni iurannya dibayarkan oleh pemerintah daerah, sedangkan pengajuan kepada dinas sosial maka akan ditanggung iurannya oleh pemerintah pusat.

“Namun, nantinya dalam proses tersebut akan melalui validasi dan verfikasi. Prinsipnya agar penjaminan ini dapat tepat sasaran, sehingga warga miskin tetap bisa mendapatkan pelayanan JKN-KIS,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru