Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Imbauan Dinas Kesehatan Barito Timur Menjelang Musim Hujan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 November 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Kesehatan Barito Timur mengimbau masyarakat mewaspadai berbagai penyakit yang sering timbul saat pergantian musim dari kemarau ke musim hujan.

"Jenis penyakit yang timbul pada musim pancaroba atau pergantian musim dari kemarau ke musim hujan diantaranya demam berdarah dengue (DBD), influenza dan diare," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Suhaily. Selasa, 26 November 2019.

Menurutnya, Anak balita (bawah lima tahun) merupakan usia yang rentan mengalami infeksi virus selama musim pancaroba, meski tidak menutup kemungkinan bisa menjangkiti orang dewasa.

"Karena itu masyarakat Barito Timur perlu dan wajib menerapkan Pola hidup bersih dan sehat untuk menghindari serangan penyakit serta untuk menjaga daya tahan tubuh," imbuh Suhaily.

Dia mengingatkan agar selalu mencuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan sumber air, lingkungan maupun diri sendiri serta tidak buang air besar sembarangan.

"Kurangi jajan makanan di luar terutama yang tidak terjamin kebersihan dan keamanan makananannya, segera berobat ke Puskesmas terdekat jika mengalami gangguan kesehatan.

Suhaily juga memastikan bahwa seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Barito Timur sudah diperintahkan untuk mempersiapkan pelayanan jika terjadi peningkatan pasien maupun wabah penyakit tertentu menjelang musim hujan.

"Melalui upaya promotif preventif kesehatan di setiap Puskesmas, kita juga mempersiapkan masyarakat untuk mengantisipasi penyebab penyakit menjelang musim hujan," pungkas Suhaily. (BOLE MALO/B-2)

Berita Terbaru