Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Diminta Maksimalkan Terminal AKAP

  • Oleh Ramadani
  • 26 November 2019 - 18:32 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara diminta memaksimalkan pemanfaatan terminal Antar Kabupaten Antara Provinsi (AKAP) atau terminal Wayang.

Juru bicara fraksi Gerindra, Muhammad Haris Fitriady mengatakan hal tersebut berkaitan dengan memaksimalkan potensi sumber pendapatan asli daerah. Sebab, banyak potensi yang belum dikelola dengan tepat.

“Salah satu contohnya terminal AKAP yang hingga saat ini dapat dikatakan terbengkalai,” kata Haris Fitriady, Selasa, 26 November 2019

Selain itu, pemkab juga perlu melakukan observasi untuk menemukan potensi sumber retribusi baru, memaksimalkan pendapatan daerah dari sumber retribusi yang sudah ada, sekaligus meminimalisasi tidak efektifnya pemungutan retribusi.

“Dalam penyusunan peraturan juga harus menyesuaikan dengan peraturan perundang-udangan yang di atasnya,” tukasnya.

Selanjutnya, organisasi perangkat daerah yang mengelola retribusi daerah agar lebih meningkatkan pengawasan terhadap sumber-sumber retribusi dalam rangka peningkatan PAD.

Senada, juru bicara fraksi PKB, Suhendra juga mengharapkan pemerintah daerah dapat mengoptimalkan pengelolaan terminal AKAP. Terutama sebagai upaya mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Daerah diberikan kebebasan untuk mengatur dan membuat suatu kebijakan yang sesuai dengan potensi daerah dan kepentingan masyarakat, dalam hal pembiayaan yang bersumber PAD. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru