Fraksi Demokrat DPRD Minta Pemkab Barito Utara Maksimalkan Retribusi Rumah Potong Hewan

  • Oleh Ramadani
  • 26 November 2019 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Barito Utara meminta pemerintah kabupaten untuk memaksimalkan pengelolaan retribusi rumah potong hewan.

Juru bicara fraksi Demokrat, Riza Faisal, Selasa, 26 November 2019 mengatakan, retribusi rumah potong hewan termasuk salah satu jenis retribusi jasa usaha sebagaimana yang diatur undang-undang.

“ini juga termasuk pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dan sesudah dipotong,” kata Riza Faisal.

Hal tersebut untuk menjamin kualitas hasil pemotongan hewan serta pengawasan terhadap peredaran daging di pasar tradisional atau lokasi penjualan lainnya.

“Tentunya ini sangat diperlukan untuk mendapatkan daging hewan yang berkualitas dengan dilakukannya pemeriksaan kesehatan hewan, seperti arte mortem dan post mortem,” kata Riza.

Dia juga mengharapkan pemerintah daerah dapat melakukan pendekatan kepada pengusaha daging potong yang sudah terbiasa dan memiliki tempat potong sendiri, tentang pentingnya mematuhi suatu kebijakan atau peraturan pemerintah.

Pemerintah juga diminta dapat menyediakan sarana dan prasarana yang memadai di RPH, serta menempatkan petugas yang profesional.(RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru