Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Dukcapil Kotawaringin Barat Jemput Bola Pelayanan Administrasi hingga Desa

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 26 November 2019 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat berupaya meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat hingga desa. Salah satunya dengan pelayanan jemput bola.

Kepala Dinas Dukcapil Kobar, Gusti M Imansyah menyampaikan, pihaknya rutin melaksanakan jemput bola layanan kependudukan. Salah satu programnya, agar anak-anak yang belum memiliki identitas supaya segera memiliki.

"Pelayanan kependudukan (sistem jemput bola) dilaksanakan rutin. Dalam setahun bisa sampai 3 kali dibarengi sosialisasi," kata Gusti M Imansyah, Selasa, 26 November 2019.

Jemput bola dilakukan ke desa dengan pendaftaran administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Mulai dari kartu keluarga, perekaman KTP elektronik, KIA, akta kelahiran, akta pencacatan sipil, dan akta kematian.

Hal tersebut harus menjadi perhatian bersama, terutama camat dan kepala desa. Agar memerhatikan warganya memiliki dokumen kependudukan.

"Kalau sampai ada warga yang tidak memiliki dokumen jangan disalahkan warganya. Berarti tugas kita memberikan pelayanan yang kurang," tegas Imansyah.

Dia mengatakan, masyarakat di desa yang jauh dari ibu kota kabupaten, banyak belum mengenal informasi. Bahkan ada yang belum bisa baca tulis sehingga kurang memahami pentingnya dokumen kependudukan. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru