Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

60 Peserta Ikuti Lomba Cipta Menu Produk Pangan Hasil Peternakan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 27 November 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 60 peserta mengikuti lomba cipta menu produk pangan hasil peternakan yang diadakan oleh Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kotawaringin Barat (Kobar) di Pangkalan Bun Park, Rabu, 27 November 2019.

Kabid Pasca Panen, SDM dan Kelembagaan Dinas Peternakan Kobar M Rubiansyah mengatakan, lomba cipta menu (LCM) merupakan yang kedua di 2019 sejak diadakan pada 2018 dan menjadi event daerah.

"LCM bertujuan untuk peningkatan pengolahan hasil peternakan di wilayah Kobar," ujarnya.

Adapun lomba cipta menu untuk tahun ini mengusung satu kategori yang diikuti oleh 60 peserta, yakni bahan olahan pangan asal hewan berbahan baku khusus daging sapi yakni pentol bakso.

"Baik dia individu atau perorangan, pelaku usaha maupun organisasi, menjadi satu nomor, kemudian diambil 6 pemenang," jelasnya.

Ia menyampaikan, dewan juri berasal dari Universitas 1 orang, Dinas Kesehatan 1 orang dan pelaku usaha 1 orang chef dari Hotel Arsela. Fokus penilaiannya resep makanan, penyajian, penampilan, nilai ekonomis dan bisa diadopsi, terakhir yaitu aspek citara rasanya.

Selain lomba, pada kegiatan ini juga ada edukasi sosialisasi tentang produk pangan asal hewan, yang aman, sehat, utuh dan alami.

"Kita ingin sampaikan juga bahwa, mari dukung peternakan lokal, dengan konsumsi protein hewani hasil dari peternak lokal," tandasnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru