Kemenag Kapuas Gelar Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran 2019

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 November 2019 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kapuas menggelar rapat internal untuk bahas penyerapan anggaran tahun 2019 bersama satuan kerja lingkungan kantor setempat.

Kepala Kantor Kemenag Kapuas Ahmad Bahruni mengatakan, seyogyanya evaluasi anggaran dilakukan paling sedikitnya dua kali dalam setahun. Lertama diawal menerima anggaran dan diakhir penyerapan realisasi anggaran.

"Iya, kami sudah adakan rapat evaluasi. Dalam rapat saya berpesan kepada Kuasa Pengguna Anggran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Penandatangan Surah Perintah Membayar (PPSPM) dan bendahara pengelauran saling membangun kepercayaan," ucap Bahruni, Rabu, 27 November 2019.

Menurut dia, itu penting untuk kelancaran dan kesuksesan dalam penyerapan realisasi anggaran tahun 2019 dan melakukan perubahan untuk anggaran tahun 2020 nanti.

"Harus cerdas menangani anggaran dan cerdas melakukan realisasi anggaran bersama-sama mengatasi masalah sehingga penyerapan anggaran maksimal untuk satker Kantor Kemenag Kapuas ini," tuturnya.

Lanjut Bahruni, tujuan rapat evaluasi anggaran ini digelar adalah membenahi kesalahan yang dilakukan selama tahun anggaran 2019 dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi, sehingga untuk anggaran di tahun 2020 tidak terjadi kesalahan lagi.

“Kurangi melakukan revisi, tuntaskan dan perhatikan kesalahan yang terjadi di tahun 2019 sehingga untuk di tahun 2020 tidak terjadi lagi," ucapnya.

Sementara itu, Kasubbag Tata Usaha Hamidhan yang juga PPSPM anggaran menambahkan Kemenag Kapuas terdapat 7 sakter yang ditangani ditambah 6 sakter MIN yang marger di Satker Pendis Kantor Kemenag Kapuas, itu perlu diperhatiakan lebih untuk realisasi anggarannya.

“Dari hasil rapat ini ada beberapa evaluasi yang penting harus dilakukan, pertama pejabat yang terlibat dalam realisasi anggaran harus berkerjasama dan bangun kepercayaan," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru