Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengurus Baru DAD Katingan Harus Punya Semangat Tinggi Jaga Harkat Martabat Suku Dayak

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 November 2019 - 19:22 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ketua DAD Katingan periode 2015 - 2019, Duwel Rawing mengharapkan pengurus DAD baru hasil musda, Rabu, 27 November 2019, punya semangat tinggi untuk menjaga harkat dan martabat suku Dayak.

"Harapan saya, pertama mengevaluasi apa yang selama ini kita programkan. Apa perlu ada yang dilanjutkan, ditingkatkan, atau mungkin dihilangkan kalau memang sudah tidak relevan lagi," kata Duwel Rawing.

Mantan Bupati Katingan 2 periode itu menambahkan, banyak hal yang bisa dilakukan, termasuk mendorong agar penyiapan SDM Dayak yang selama ini kelihatannya belum maksimal dipacu dan ditingkatkan. Apalagi seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Dan di samping itu juga untuk membentengi diri dari pengaruh budaya luar yang tidak cocok dengan budaya kita. Jadi kita harus punya prinsip jangan sampai terbawa arus dari luar yang justru merusak kita," kata dia.

Dia menambahkan, untuk membentengi diri dari pengaruh budaya luar, perlu adanya membangun sistem dan budaya Dayak yang lebih kuat. Termasuk mempersiapkan SDM sehingga mampu menghadapi tantangan masa depan.

"Saya berharap kepada pengurus DAD yang baru mempunyai semangat tinggi dan mewujudkan lembaga adat yang mandiri, serta menjadi harapan masyarakat adat menuju Katingan bermartabat," kata dia. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru