Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Balai Bahasa Tekankan Pengutamaan Bahasa Indonesia dalam Penulisan Berita

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 November 2019 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah menekankan pengutamaan Bahasa Indonesia dalam penulisan berita. Itu disampaikan Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, I Wayan Tama saat Penyuluhan Bahasa Indonesia di Media Massa, yang berakhir Rabu, 27 November 2019.

"Melalui penyuluhan bahasa ini kami mengajak awak media massa, mahasiswa, dan pelajar Raya untuk lebih meningkatkan kompetensi dalam menulis karya jurnalistik maupun karya sastra," kata I Wayan Tama.

Tama mengatakan, pihaknya telah melakukan kajian beberapa waktu lalu. Dan hasilnya menunjukkan bahwa awak media massa di Kalteng masih perlu meningkatkan kemampuan dalam menulis ragam jurnalistik.

"Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan, kami menggelar Penyuluhan Bahasa Indonesia di media massa ini," tuturnya.

Peserta penyuluhan media massa yang dimaksud, bukan hanya dikhususkan kepada wartawan tetapi juga pada para redaktur atau editor, hingga komunitas menulis yang ada di perguruan tinggi.

"Di internal kampus dan sekolah bersama para pembinanya yakni guru-guru, sekarang ini masing-masing memiliki laman berita di kampus dan sekolah. Walaupun biasanya ini web berita internal, tetapi pihak luar kampus dan sekolah juga membacanya. Makanya perlu juga diberi penyuluhan berbahasa Indonesia yang baik dan benar ini," jelas Tama lagi. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru