Balai Bahasa Harapkan Pelajar dan Mahasiswa Miliki Kepiawaian Menulis

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 November 2019 - 21:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, I Wayan Tama mengatakan berdasarkan hasil survei, masyarakat Indonesia masih sangat rendah dalam budaya menulis, bahkan berada di bawah negara Thailand.

"Kita berharap agar budaya dan kepiawaian dalam menulis tidak hanya dilakukan oleh awak media massa, tapi dilakukan juga oleh mahasiswa dan pelajar," kata I Wayan Tama saat penutupan penyuluhan bahasa Rabu, 27 November 2019 siang.

Dia pun meminta, agar semua elemen, termasuk sekolah untuk mengupayakan peningkatkan kompetensi menulis.

"Saya juga berharap adik-adik yang sekolah maupun mahasiswa mulai melatih diri karena SMA dan perguruan tinggi merupakan kawah melatih Sumber Daya Manusia handal," ajaknya.

Dia juga mengajak semua pihak untuk menjadi figur untuk menyosialisasikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sehingga terjadi pemahaman yang sama di masyarakat, baik makna yang diungkapkan maupun yang dipahami dari karya jurnalistik.

"Balai bahasa sungguh berharap agar semua pihak menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa penghela dan bahasa pembangunan. Karena bahasa bukan sekedar alat komunikasi, tapi sebagai pembentuk karakter dan pengungkap jati diri," kata I Wayan Tama. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru