Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotawaringin Timur: Pertumbuhan Ekonomi Belum Bawa Perubahan Signifikan

  • Oleh Naco
  • 28 November 2019 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kotawaringin Timur, Bima Santoso merasa heran melihat kondisi ekonomi di Kotim belum bawa perubahan yang signifikan. 

Sebab kata dia jika mengacu kepada  angka pertumbuhan ekonomi  dalam tiga tahun terakhir terus meningkat. Sayangnya pertumbuhan ekonomi ini belum membawa perubahan yang signifikan di segmentasi masyarakat arus bawah.

Dijelaskannya bahwa indeks pertumbuhan  ekonomi Kabupaten Kotim selama tiga tahun terakhir  mengalami peningkatan cukup tinggi dan stabil berada di atas 7 % pada tahun 2016, 7,99 % dan di 2018 menjadi 7,01 persen.

"Tetapi ternyata hal ini belum menjadi bentuk kemajuan, karena kita sering kali lebih banyak mengalami defisit dari pada surplus,” kata Bima Santoso, Kamis, 28 November 2019.

Menurutnya persoalan defisit ini sebagai bukti bahwasanya ekonomi di Kotim itu tidak berdampak baik untuk kondisi APBD Kotim yang terus menerus mengalami defisit.

Bagi mereka, budaya defisit harus diubah. sumber daya alam yanf sangaat kaya, sumber pendapatan sangat banyak, tetapi daerah lebih cenderung memikirkan sumber-sumber atau retribusi yang tidak maksimal.

Diakuinya, retribusi itu  memang harus dikejar terus guna meningkatkan pendapatan tetapi  hasil retribusi selama ini belum menunjukan hasil yang signifikan untuk  peningkatan pendapatan asli daerah. 

“Seperti retribusi parkir hasil yang didapatkan pemerintah masih kami nilai minim," tegasnya.

Selain itu juga, kata Bima  belakangan ini munculnya banyak kawasan perumahan yang dibangun oleh pihak ketiga atau pengembang. Dari sektor itu juga bisa meningkatkan PAD Kotim melalui reteibusi izin mendirikan bangunan. (NACO/B-5)

Berita Terbaru