Gubernur: Jalan Eks Pertamina di Barito Timur Dibuka untuk Umum

  • Oleh Budi Yulianto
  • 28 November 2019 - 17:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menegaskan Jalan Eks Pertamina di Kabupaten Barito Timur harus dibuka untuk kepentingan umum.

"Kesimpulannya jalan itu dibuka untuk umum semuanya. Tidak ada lagi portal memortal. Tidak ada lagi melarang lewat baik untuk umum maupun para investor di sana," tegas gubernur, Kamis 28 November 2019.

Penegasan ini disampaikan gubernur dalam rapat koordinasi melibatkan Pemkab Bartim, pihak Pertamina, PT Patra Jasa, PT SEM dan lain-lain di aula Eka Hapakat, lantai III, kantor gubernur.

Termasuk dihadiri SOPD dari kabupaten dan provinsi, TNI, Polri serta sejumlah pihak lainnya. Gubernur sebelumnya meminta penjelasan dari pihak perusahaan tidak terkecuali dari BPN, Dinas Kehutanan, PUPR dan lainnya.

Gubernur berharap tidak ada lagi konflik antara perusahaan Pertamina dengan perusahaan yang berada di wilayah setempat termasuk dengan masyarakatnya.

Gubernur juga ingin jalan tersebut kembali ke negara, apakah itu berstatus jalan kabupaten atau provinsi.

Kalau memiliki sertifikat, hal itu patut dipertanyakan. Saat ini jalan tersebut sudah dibuka. Jika nanti kembali ditutup, maka pemerintah provinsi akan langsung turun menyelesaikan persoalan ini.

Gubernur juga menyampaikan akan membentuk tim untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kemudian, melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat apabila persoalan ini tidak selesai.

"Tapi kalau selesai di bawah, ya cukup. Jalan ini kan milik negara. Cuma kebetulan eks Pertamina yang disertifikatkan," tuturnya.

Asisten Manajer Aset Resolution Pertamina Pusat, Yerizon mengamini jika saat ini jalan tersebut sudah dibuka. Namun saat ditanya apakah ini akan seterusnya Dia masih belum bisa memastikan.

Berita Terbaru