Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Apkasi Launching AOE2020 untuk Genjot Investasi Daerah

  • Oleh Inilah.com
  • 29 November 2019 - 07:40 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan Apkasi Otonomi Expo 2020 (#AOE2020). Kegiatan AOE2020 resmi dibuka Wakil Ketua Umum Al Haris di Ballroom Sekretariat Apkasi, Sahid Sudirman Canter, Lt.21, Jakarta, Kamis, 28 November 2019.

Al Haris yang juga Bupati Merangin mengajak kepada daerah untuk memanfaatkan kegiatan AOE2020 untuk menampilkan keunggulan dan daya saing daerah ke kancah nasional bahkan regional dan global.

"Ini tentu seiring dengan semangat baru para Kabinet Indonesia Maju di Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf agar daerah semakin kuat daya saingnya, baik SDM-nya maupun tata kelolanya. Selama 15 kali event ini berlangsung, dampak positif sudah dirasakan oleh para peserta baik dari sisi transaksi perdagangan maupun penanaman investasi di daerah," katanya.

Al Haris menambahkan AOE ini bisa dijadikan media untuk mengangkat potensi daerah, produk unggulannya, UKM-nya, peluang investasi dan pariwisatanya.

"Kami akan mengundang buyers dan investor untuk hadir dalam expo ini, apalagi kita lihat formasi menteri-menteri yang baru ini banyak diisi oleh sosok-sosok berjiwa entrepreneur, sehingga kami sangat berharap pemerintah kabupaten ikut aktif ambil bagian di expo ini dengan menampilkan hal-hal baru yang menjadi ikon di masing-masing daerah," tukasnya.

Dalam arahannya, Penasehat Khusus Apkasi, Prof Ryaas Rasyid memberikan filosofi dasar pemerintah kabupaten dalam mengemban tugasnya di masyarakat.

"Pemerintah daerah itu mempunyai 3 peran penting dalam rangka pembangunan daerah, yakni, pertama menciptakan lapangan kerja, kedua bagaimana mengurangi kemiskinan, dan ketiga menjembatani kesenjangan pendatapan masyarakatnya serta bagaimana mendorong kesejahteraan masyarakat. Dan ini salah satu upayanya adalah dengan mempromosikan keunggulan daerah melalui Apkasi Otonomi Expo. Teknisnya tentu daerah lebih paham bagaimana mengeksekusinya, saya hanya mencoba merumuskan formulanya saja," imbuhnya.

Pemerintah daerah, khususnya pemerintah kabupaten/kota perlu melakukan gebrakan promosi dan meningkatkan transaksi perdagangan dan investasi di daerah.

"Tentu saja ini perlu ada usaha, kita tampilkan produk unggulan yang kompetitif, baik dari keunikan, kualitas maupun harga. Ke depan itu pariwisata juga masih menarik untuk bisa dijadikan tambahan pendapatan daerah, sehingga dalam expo kali ini hal itu bisa ditonjolkan.," ujar Ryaas Rasyid.

Berita Terbaru