Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Danamon Tuntaskan Penjualan Saham Asuransi Adira

  • Oleh Inilah.com
  • 29 November 2019 - 08:20 WIB

INILAHCOM, Jakarta - PT Bank Danamon Tbk (BDMN) menjelaskan telah menyelesaikan transaksi penjualan 84.904 saham milik perseroan di PT Asuransi Adira Dinamika Tbk kepara Zurich Insuranse Company Ltd senilai Rp3,9 triliun.

Penjualan juga dilakukan oleh pemegang saham AMDF lain yaitu, Willy Suwandi Dharma. Perseroan dan Willy Suwandi serta Zurich tidak memiliki hubungan afiliasi. Transaksi ini dimulai pada 27 September 2018. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Kamis (28/11/2019).

Dengan transaksi ini perseroan berharap akan dapat memberikan dampak positif bagi perseroan, pemegan saham serta Asuransi Adira. Dengan demikian perseroan akan mencatat keuntungan modal. Selain itu laporan keuangan Asuransi Adira tidak lagi dikonsolidasikan dengan laporan keuangan perseroan. Selama ini perseroan memiliki 90% saham Asuransi Adira.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) didirikan 16 Juli 1956 dengan nama PT Bank Kopra Indonesia.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Bank Danamon, antara lain: Asia Financial Indonesia Pte. Ltd (induk usaha) (67,37%) dan JPMCB Franklin Templeton Investment Funds (6,58%). Dimana pemegang saham akhir dari Asia Financial Indonesia Pte. Ltd adalah Temasek Holding Pte. Ltd, sebuah perusahaan investasi yang berkedudukan di Singapura dan dimiliki oleh Kementerian Keuangan Singapura. Saham publik hanya sebesar 5,6%.

Kegiatan BDMN adalah menjalankan kegiatan usaha di bidang perbankan dan melakukan kegiatan perbankan lainnya berdasarkan prinsip Syariah. BDMN mulai melakukan kegiatan berdasarkan prinsip Syariah tersebut sejak tahun 2002 dan pada tahun 2004 mulai melakukan kegiatan usaha mikro dengan nama Danamon Simpan Pinjam.

Selain itu, Bank Danamon juga menjalankan usaha diluar perbankan melalui anak usahanya, yakni bidang pembiayaan dan asuransi. (Lihat: anak-anak usaha Bank Danamon)

Pada tanggal 24 Oktober 1989, BDMN memperoleh pernyataan efektif dari Menteri Keuangan untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham BDMN (IPO) kepada masyarakat sebanyak 12.000.000 dengan nilai nominal Rp1.000 per saham dengan harga penawaran Rp12.000 per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 06 Desember 1989.

Saham BDMN saat ini di Rp3.730 per saham dari pembukaan di Rp3.660 per saham.

Sementara PT Asuransi Adira Dinamika atau Adira Insurance adalah salah satu bagian dari Danamon Group yang bergerak di bidang usaha asuransi umum. Perusahaan yang didirikan sejak tanggal 24 Januari 2002 ini telah memiliki aset sebesar Rp 4,9 triliun serta modal sendiri sebesar Rp 1,6 triliun sampai dengan akhir 2015.

Berita Terbaru