Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Depan, Gaji Pekerja Fintech Naik Tinggi

  • Oleh Inilah.com
  • 29 November 2019 - 08:40 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Tahun depan, Indonesia diprediksi akan mengalami peningkatan pangsa pasar dan penambahan jumlah start-up berbasis digital. Terutama sektor financial technology (fintech).

Kalau itu benar, dompet digital bakal semakin meluas penggunaannya. Alhasil, pertumbuhan bisnis serta berbagai perubahan dalam dunia pembayaran digital, semakin menjanjikan lebih banyak lapangan pekerjaan di tahun depan.

"Tahun depan, kita juga akan menyaksikan bagaimana sektor-sektor baru akan bangkit, seperti agritech, logistic, pendidikan dan layanan kesehatan," kata Presiden Direktur Michael Page Indonesia, Olly Riches, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Hal ini tentu saja akan membantu peningkatan kesempatan bekerja yang lebih tinggi, seperti dilihat di Michael Page Indonesia Salary Benchmark 2020. Sebanyak 73% responden merasa positif tentang lapangan kerja yang tersedia.

Berdasarkan laporan ini, peningkatan gaji saat pindah kerja bervariasi di setiap industri. Untuk mereka yang berpindah ke pekerjaan baru dalam industri yang sama pada 2020, bakal menikmati kenaikan gaji tertinggi yaitu 50%. Yang ditawarkan industri digital dan teknologi, yang sejalan dengan bagaimana kedua sektor ini bertumbuh selama tiga tahun terakhir.

Menurut dia, industri digital dan teknologi menawarkan kenaikan gaji antara 15-50%. Peningkatan ini utamanya disebabkan oleh bertambahnya permintaan akan sejumlah posisi di dalam industri tersebut, seperti antara lain di level pimpinan di bidang teknis (engineering), pengembangan usaha digital, analisa data, manajer pemasaran dan manajer produk digital. "Selama tahun 2019, kita telah saksikan sendiri bagaimana industri teknologi semakin membutuhkan ahli-ahli di bidang Big Data dan keamanan dalam bidang cyber," kata dia.

Sementara, Associate Director Michael Page Indonesia Imeiniar Chandra mengatakan, ada tiga bidang yang paling banyak memberikan kesempatan pengembangan karir adalah teknik (engineering), sales, dan marketing.

"Industri digital dan teknologi selalu mencari kandidat-kandidat yang berpotensi di bidang teknis dan manajer produk. Hal ini yang juga perlu diantisipasi oleh para kandidat," kata dia.

Selain mencatat adanya kenaikan gaji saat pindah kerja di dalam industri digital dan teknologi, Michael Page Indonesia Salary Benchmark 2020 juga mencatat kenaikan gaji di sektor lainnya. Profesional di dalam industri bisnis dan layanan keuangan, serta dari industri konsumsi dan retail dapat mengharapkan adanya kenaikan gaji.

"Rata-rata hingga 25%, sementara industri properti dan konstruksi menawarkan kenaikan antara 20-35% lebih tinggi bagi pencari kerja dengan latar belakang pengalaman teknik sipil dan desain, sales di sektor real estate dan commercial estate, serta pemegang sertifikasi PMP (Project Management Professional)," ujar dia.

Berita Terbaru