Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotawaringin Barat: Pemekaran Provinsi untuk Tingkatkan Pelayanan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 29 November 2019 - 12:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah menyampaikan, rencana pemekaran provinsi merupakan upaya untuk mendekatkan serta meningkatkan pelayanan, hingga percepatan pembangunan.

"Demi terwujudnya Provinsi Kotawaringin, diharapkan semua elemen bersatu. Tujuannya untuk mendekatkan pelayanan dan percepatan pembangunan," kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah, dalam Seminar dan Rapat Koordinasi Persiapan Kobar menjadi tuan rumah Pekan Daerah (PEDA) KTNA XIII Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat, 29 November 2019.

Dia menegaskan, pemekaran wilayah ini bukan berarti ingin memisahkan diri dari Provinsi Kalimantan Tengah, namun tetap akan menjadi suatu kesatuan.

"Kita tetap menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Pemekaran provinsi ini mengingat wilayah Kalimantan Tengah ini sangat luas. Sehingga berdampak pada pembangunan, baik infrastruktur dan pelayanan," kata dia.

Nurhidayah menambahkan, karena luasnya wilayah Kalimantan Tengah sehingga untuk mencapai ke Palangka Raya harus ditempuh 9 jam.

"Kalau dari Kotawaringin Barat saat ini sudah ada penerbangan menuju Palangka Raya dan bisa ditempuh hanya satu jam. Tetapi kabupaten lainnya untuk mencapai Palangka Raya melalui darat, ada yang jarak tempuhnya 9 jam lebih," kata Nurhidayah.

Untuk itu pemekaran wilayah Provinsi sangat penting dan menjadi suatu kebutuhan demi percepatan pembangunan. Diharapkan itu bisa dijadikan bahan pertimbangan pemerintah pusat.

"Meski saat ini pemerintah pusat masih belum membuka keran moratorium pemekaran wilayah baru, namun kita telah mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang terutama kelengkapan administrasi. 5 Kabupaten di bagian barat sudah sepakat untuk mewujudkan Provinsi Kotawaringin," pungkas Nurhidayah. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru