Barito Timur Mendapatkan Program Serasi Senilai Rp 17,2 Miliar

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 November 2019 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kabupaten Barito Timur mendapatkan jatah Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) seluas 4.000 hektare bersumber dari APBN senilai Rp 17,2 miliar.

"Program ini dikeluarkan dalam rangka melaksanakan program strategis nasional melalui Direktur Jenderal Sarana dan Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian, yang disampaikan ke Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Peternakan dan Holtikultura Kalimanatan Tengah berupa optimalisasi lahan rawa," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi.

Demi memastikan Program Serasi terlaksana dengan baik, Riza meninjau langsung ke lokasi kelompok tani Tunas Jaya di Desa Bararawa, Kecamatan Pematang Karau.

"Dilihat progres pekerjaan di lokasi kelompok tani Tunas Jaya, sudah tuntas dengan cakupan pekerjaan pembuatan saluran pembuang sepanjang 1.500 meter dan pematang kurang lebih 10.000 meter," kata Riza.

Melalui program Serasi, diharapkan produktivitas pertanian di daerah Barito Timur akan meningkat. Kemudian, petani dapat panen dua kali dalam setahun. Sebab, kunci keberhasilan proyek optimalisasi lahan rawa ini ada pada sistem pengelolaan air yang dilaksanakan secara optimal.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Tunas Jaya, Desa Bararawa Kecamatan Pematang Karau, Muliadi, sangat berterima kasih kepada pemerintah atas Program Serasi itu.

"Kami menyambut baik adanya program optimalisasi lahan rawa untuk mendukung Program Serasi di Barito Timur," kata Muliadi. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru