Anggota DPRD Kapuas Ini Harapkan Generasi Muda Terus Lestarikan Kearifan Lokal

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 November 2019 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota DPRD Kapuas Lindawati mengharapkan generasi muda dapat terus melestarikan kearifan lokal, dalam hal ini baik itu kesenian maupun tradisi hingga kerajinan tangan khas wilayah setempat.

Menurut Politisi dari Partai Demokrat ini kebudayaan lokal sangat penting sekali untuk dilestarikan, karena memiliki nilai tersendiri dan menjadikan sebuah hal yang perlu terus dikembangkan.

"Iya, kami harapkan dan mengajak generasi muda untuk terus melestarikan kearifan lokal ini. Karena merupakan ciri khas bagi daerah," ucap Lindawati kepada wartawan, Jumat, 29 November 2019.

Lebih lanjut dia menuturkan untuk di Kabupaten Kapuas ini kesenian lokal itu banyak hal yang dikenal, diantaranya seperti kerajinan dari rotan, kerajinan ayaman purun, dan getah nyatu.

"Sehingga, ini perlu juga untuk dipelajari dan dilestarikan oleh generasi muda, sehingga dalam tahun-tahun yang alam dapat terus ada dan berkembang," katanya.

Terlebih lagi, menurut dia seni atau budaya lokal berupa kerajinan itu, jika terus berkembang bukan tidak mungkin bisa menjadi sektor dalam memperkuat ekonomi produktif bagi masyarakat.

"Karenanya kami harapkan ini bisa jadi perhatian kita semua. Untuk bersama-sama melestarikan dan merawat kearifan lokal yang ada di Kabupaten Kapuas," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru