Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMAN 1 Muara Teweh Deklarasikan Sekolah Ramah Anak

  • Oleh Ramadani
  • 29 November 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Muara Teweh mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak  di halaman sekolah setempat, Jumat 29 November 2019.

Dalam kegiatan tersebut hadir Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Pemenuhan Hak Anak pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk KBP3A) Kabupaten Barito Utara, dr Fahmi Syamsul RF.

Kepala SMAN 1 Muara Teweh, Razikinnor mengatakan, deklarasi yang dilakukan sebagai bentuk komitmen sekolah dalam pemenuhan hak-hak anak dan upaya menyukseskan program Kabupaten Barito Utara layak anak.

"Alhamdulillah, pada hari ini Jumat 29 Nevember 2019 di SMAN 1 Muara Teweh telah mendeklarasikan sekolah ramah anak. Dimana deklarasi ini bertujuan agar hak-hak anak bisa betul-betul terpenuhi dan didalamnya terkait tidak ada lagi system kekerasan atau dikenal dengan istilah bullying dan body samping," jelas Razikinnor.

Sejauh ini, kata dia,  belum pernah ada kejadian bullying dan body samping di sekolah ini, namun alangkah baiknya juga membuat deklarasi lagi atau kesepakatan bersama bahwa itu tidak terjadi di SMAN 1 Muara Teweh.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalteng, Dinas Pendidikan Provinsi, Bupati Barito Utara serta Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Barito Utara yang telah mempercayakan sekolah kami sebagai tempat deklarasi ramah anak.

"Terkait dengan sekolah ramah anak ini kami sudah punya enam program sekolah unggulan yaitu pertama sekolah kewirausahaan, kedua sekolah rujukan, ketiga sekolah zonasi, keempat sekolah siaga kependudukan, kelima sekolah ramah anak dan keenam atau terakhir adalah sekolah IT," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disdalduk KBP3A Kabupaten Barito Utara, Hj Siti Nornah Irawati melalui Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Pemenuhan Hak Anak, dr Fahmi Syamsul mengatakan, kegiatan deklarasi ramah anak di SMAN 1 Muara Teweh ini sebagai tindak lanjut dari program Kabupaten Layak Anak (KLA).

"Dengan adanya deklarasi ini diharapkan menjadi sekolah percontohan yang mengedepankan ramah anak dengan tidak ada terjadi bullying dan body samping. Dengan demikian pemenuhan perlindungan hak perempuan dan pemenuhan hak anak benar-benar terpenuhi dengan baik," tukasnya.(RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru