Persaingan Kalteng Putra dan Tira Persikabo di Liga 1 Indonesia Berlangsung Sengit

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 30 November 2019 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Persaingan di papan bawah Liga 1 Indonesia antara Kalteng Putra dan Tira Persikabo berlangsung sengit. Tim-tim yang berjuang lolos dari jerat degradasi sama-sama merengkuh kemenangan dalam laga kemarin, 27 November 2019. 

Salah satu kejutan dihadirkan Kalteng Putra dengan menjungkalkan Tira Persikabo 1-0.

Sukses meraih kemenangan di kandang sendiri, Kalteng Putra naik satu strip berada di peringkat 17 dari 18 tim liga 1, Pahabol menjadi aktor penting kemenangan tim asal Kalimantan Tengah tersebut. Dari kaki kirinya bola masuk ketiang sempit Tira Persikabo.

"Ini kemenangan yang sangat berarti. Ini kemenangan yang bisa mengangkat mental pemain Kalteng Putra. Mudah-mudahan ini berlanjut di dua laga kandang berikutnya melawan Persija dan Bali United, maupun tim yang lain, disisa laga ini Kalteng Putra wajib membangun lagi mental dan spirit bertandingnya," ujar Pengamat Bola Yusro Arodi, Sabtu, 30 November 2019.

Kemenangan atas Tira Persekbo memang sangat berharga bagi Kalteng Putra. Tambahan tiga poin membuat I Gede Sukadana dan kawan - kawan terus membuat tren positif agar bisa keluar dari jerat degradasi. Kemenangan kemarin mengerek posisi ke peringkat ke- 17 di klasemen sementara Liga 1 musim 2019.

Yusro Arodi, mantan pemain Assabab Surabaya menyampaikan, bukan hanya itu, kemenangan tersebut juga semakin menebalkan motivasi pemain - pemain untuk menghadapi pertandingan berikutnya di sisa laga. Mereka juga semakin optimistis membawa Kalteng Putra agar bisa bertahan di kasta tertinggi sepak bola nasional.

Kemenangan bukan hanya milik Kalteng Putra. Dua rival mereka di papan bawah, Persela dan Perserui Badak Lampung, juga sukses meraih kemenangan, persaingan papan bawah semakin seru untuk disimak dan semakin panas.

"Saya mengapresiasi pemain Kalteng Putra yang sudah berjuang di lapangan. Tetapi, masih ada lima pertandingan dan ini harus bertahan dengan performa seperti ini," ungkapnya.

Ia menyampaikan, jika ingin aman dan bertahan di liga 1 Indonesia, pada lima laga terakhir Kalteng Putra harus dapat meraih minimal 3 kali kemenangan, satu kali seri dan sekali kalah.

"Saya yakin jika performa tim seperti saat melawan Tira Kabo, maka akan aman bertahan di Liga 1 Indonesia," tutupnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru