Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapal Selam Digunakan untuk Selundupkan Kokain

  • Oleh Inilah.com
  • 30 November 2019 - 11:30 WIB

INILAHCOM, Madrid - Polisi Spanyol menangkap orang ketiga yang ikut dalam sebuah kapal selam yang disita di lepas pantai Spanyol, yang membawa tiga ton kokain bernilai US$ 110 juta.

Polisi, kata kantor berita AFP, seperti dikutip dari VOA, Sabtu (30/11/2019) mencegat kapal selam yang panjangnya 20 meter itu, yang diperkirakan yang pertama ditangkap di Eropa, di lepas pantai Galicia hari Sabtu waktu setempat.

Dua orang warga Ekuador ditangkap ketika mereka berusaha melarikan diri dari kapal selam itu, tapi orang yang ketiga berhasil lolos dari kejaran polisi.

Kata jurubicara polisi Spanyol, orang ketiga itu adalah warga Spanyol.

Satu orang lainnya, yang "memberikan dukungan di darat" juga ditangkap di kota Vigo, di barat laut Spanyol, kata sumber yang dekat dengan polisi.

Pedagang narkoba, khususnya dari Kolombia, pernah ditangkap karena menggunakan kapal selam untuk menyelundupkan kokain ke Meksiko dan AS. Tapi, kata polisi, ini pertama kalinya cara penyelundupan kokain seperti ini digunakan di Eropa.

Kira-kira 240 orang agen polisi ikut dalam operasi penangkapan kapal selam itu, dengan kerjasama polisi Inggris, Brazil, Portugal dan AS.

Diperkirakan, kartel-kartel narkoba telah membangun 1.000 kapal selam seperti itu.

Pantai Galicia yang menghadap ke Lautan Atlantik dipenuhi banyak teluk, selat-selat yang sempit dan pantai yang tidak berpenghuni, dan sejak lama digunakan untuk menyelundupkan narkoba ke Spanyol dan Eropa. Jumlah kokain yang disita polisi Spanyol tahun lalu merupakan yang kedua terbesar dalam kawasan Uni Eropa. (INILAH.COM)

Berita Terbaru