Aplikasi Quick Count Hitung Cepat Web & Android

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Teknik Membaca Cepat Diperlukan di Lomba Sinopsis, Hari ini Pemenang Diumumkan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 Desember 2019 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perpustakaan Daerah dan Arsip Daerah Kalimantan Tengah menyelenggarakan Lomba Membuat Sinopsis sebagai salah satu rangkaian Lomba Minat Baca 2019.

"Khusus untuk penulisan sinopsis ini, sistemnya para siswa diberikan waktu untuk membaca cepat lalu menuliskan sinopsisnya," kata Kasi Pembudayaan Gemar Membaca, Hansli, Minggu, 1 Desember 2019.

Hansli mengatakan, pengumuman pemenang lomba akan disampaikan Senin, 2 Desember 2019 hari ini. Selain itu, hari ini masih ada dua lomba lagi yang akan dilaksanakan, yakni lomba puisi dan lomba pidato Bahasa Inggris.

"Waktunya 3 jam, buku yang dibaca itu novel karya fiksi jadi kita acak. Kita sudah tentukan bukunya, mereka tinggal duduk, kita bagikan bukunya, mereka tidak memilih," terangnya.

Para siswa tidak diperkenankan memilih, agar menghindari peserta memilih buku yang sudah pernah dibaca. Sehingga sudah tahu jalan ceritanya.

"Kita inginnya mereka bisa membaca secara cepat, memahami, dan membuatkan sinopsis dari sisi pembaca. Karena di buku itu kan ada sinopsis tetapi kan dari sisi penulis. Makanya kita beri mereka waktu maksimal 3 jam yang bisa digunakan untuk membaca dan membuat sinopsisnya," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru