Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cabai Rawit Dibudidayakan Kelompok Tani di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 Desember 2019 - 06:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Cabai rawit menjadi tanaman yang cocok dikembangkan di daerah tropis terutama sekitar khatulistiwa. Tanaman ini paling cocok ditanam di dataran rendah dengan ketinggian 0 - 500 meter di atas permukaan laut.

Salah satunya seperti upaya Kelompok Tani Sabar Subur di Desa Trans Siong, Kecamatan Paju Epat yang mengembangkan budidaya tanaman cabai rawit (capsicum frutescens).

Jenis cabai tersebut juga memiliki tingkat kepedasan di atas cabai merah atau cabai keriting.

"Dinas pertanian saat ini mengembangkan lahan untuk digunakan penanaman cabai rawit," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi. Minggu, 1 Desember 2019.

Menurutnya selain lebih pedas, cabai rawit memiliki kelebihan lain dibandingkan jenis lainnya. Yakni lebih tahan terhadap hama dan penyakit serta memiliki usia produktif yang lebih panjang.

"Jika dibudidayakan dengan benar, cabai rawit mampu berproduksi hingga 2 sampai 3 tahun. Itu bisa tumbuh di mana saja dan mudah beradaptasi dengan lingkungan," imbuhnya.

Sementara itu, Petugas Penyuluh Lapangan, Herman Sosilo menjelaskan, tanaman cabai rawit memerlukan sinar matahari penuh. Lahan untuk budidaya cabai rawit sebaiknya adalah steril, yakni lahan yang belum pernah ditanami cabai atau minimal selama 6 bulan terakhir.

Cabai rawit juga tidak baik ditanam pada lahan yang berdekatan dengan lahan cabe yang ditanam lebih dulu.

"Salah satu tahapan untuk menanam atau membudidayakan cabai dengan mempersiapkan bibit dan penyemaian. Benih cabai rawit yang bisa ditanam bermacam-macam, bisa cabai lokal atau hibrida," kata Herman.

Untuk benih buatan sendiri dari cabai lokal, pilihlah buah cabai dari pohon yang sehat. Gunakan buah cabai yang sudah matang sempurna, yaitu buah yang sudah merah sepenuhnya antara 90 – 100%. Buah cabai yang baik adalah hasil panen ke 4 - 6. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru