Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Puri Tanam Perdana di Lahan Cetak Sawah

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 Desember 2019 - 14:12 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kelompok Tani Daya Bina, Desa Puri, Kecamatan Raren Batuah melakukan tanam perdana padi varietas unggul lokal jenis Siam Busu pada lahan cetak sawah, Senin 2 Desember 2019.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi menjelaskan awalnya di Desa Puri hanya ada dua kelompok tani dan sering terjadi polemik antaranggota yang menyebabkan lahan cetak sawah belum dimanfaatkan.

"Agar memudahkan pembinaan, duaq kelompok tani ini kita pecahkan menjadi lima kelompok yakni Berkat Bersama, Jaya Bina, Sertaba, Maju Bersama 1 dan Maju Bersama 2," katanya.

Diharapkan dengan pemecahan kelompok ini lahan cetak sawah program 2017 di Desa Puri seluas 120 hektare bisa digunakan secara optimal.

"Tahun depan akan kita masukkan dalam Program Serasi untuk optimalisasi lahan sawah dengan membuat pematang, saluran irigasi, dan pintu air," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Raren Batuah, Kateluniati berharap agar berbagai program yang digulirkan pemerintah untuk petani bisa diterima petani serta sarana dan prasarana yang disediakan dimanfaatkan dengan baik oleh petani.

"Kemudian kalau ada masalah yang dihadapi petani dan kelompok tani bisa konsultasi dengan kita di BPP sebagai perpanjangan tangan dari Dinas Pertanian," katanya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru