Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perikanan Kapuas: Terbentuknya Pokwasmas Panamas Diharapkan Bisa Cegah Ilegal Fishing

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Desember 2019 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Darmawan melalui Kasubbag Umum dan Perencanaan, Samudi mengatakan terbentuknya Kelompok pengawas masyarakat (Pokwasmas) Kelurahan Panamas diharapkan jadi sarana warga untuk mencegah terjadinya aktivitas ilegal fishing.

Menurutnya dengan terbentuknya Pokwasmas bisa menjadi wadah bagi masyarakat Panamas dalam memerangi praktik penangkapan ikan yang melanggar peraturan.

"Tujuan utamanya menjaga kelestarian sumber daya ikan di Kelurahan Panamas pada khususnya dan Kecamatan Selat pada umumnya dari pelaku illegal fishing," ucapnya, Senin 2 Desember 2019.

Terutama dalam rangka untuk menekan praktik illegal fishing baik itu dengan cara penyetruman hingga bom ikan yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pihaknya juga telah banyak memberi program di Kelurahan Panamas antara lain bantuan kapal dan alat tangkap ramah lingkungan, bantuan sarana dan prasarana budidaya.

Kemudian Program Gerakan Pakan Mandiri, pelatihan dan sosialisasi serta pembinaan yang berkelanjutan dari penyuluh perikanan.

"Yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan di wilayah setempat," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru