Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keberadaan Guru Bimbingan Konseling di Sekolah Penting

  • Oleh Ramadani
  • 02 Desember 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin A Surapati mengatakan keberadaan guru bimbingan dan konseling (BK) di sekolah penting.

Guru BK merupakan orang tua yang akan membimbing dan mengarahkan serta pengembangan karakter anak. Karena dalam pendidikan dan pembinaan karakter peserta didik sangat menetukan masa depan anak.

“Ini perlu dipahami, jadi bukan masalah cyber bulliying dan body shaming saja, tapi bagi peserta didik yang rendah diri perlu bimbingan dan pendampingan. Di samping mengarahkan peserta didik dalam pijakan menuju masa depannya,” terangnya, Senin 2 Desember 2019 di ruang lab fisika SMAN 1 Muara Teweh.

Dia menjelaskan bila peserta didik yang memiliki bakat dan karakter tidak diberikan pengarahan, maka potensi peserta didik tidak bisa berkembang untuk menjadi generasi muda yang maju.

“Untuk itu keberadaan guru yang mengangani bimbingan dan konseling disekolah sangat penting. Walau untuk wilayah Barito Utara hanya memiliki 35 tenaga BK. Jika dibandingkan dengan sekolah yang ada, maka jumlah guru BK sangat terbatas.,” terangnya.

Dia menyarankan agar guru BK semestinya tidak diberikan tugas tambahan sebagai guru yang memagang mata pelajaran tertentu di luar dari pada tugas spesialis yang dimilikinya.

Dia juga mengharapkan kegiatan Diklat guru BK seluruh Kabupaten Barito Utara mendapatkan hasil yang diharapkan dan daapat memajukan pendidikan di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru