Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Barito Utara Gelar Pertemuan Teknis Pembudidaya Ikan

  • Oleh Ramadani
  • 02 Desember 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Ketahanan pangan dan Perikanan (DKPP) Barito Utara menggelar pertemuan teknis pembudidaya ikan di wilayah Kabupaten Barito Utara. Pertemuan berlangsung di aula NU, Jalan Yetrosinseng, Muara Teweh, Senin 2 Desember 2019.

Kegiatan ini diikuti kelompok pembudidaya ikan dari Kecamatan Teweh Tengah yakni Desa Sei Rahayu II, Desa Rimba Sari, Wonorejo dan Pangku Raya. Kemudian Kecamatan Teweh Selatan yaitu Dusun Transbangdep dan Desa Trahean.

Kecamatan Teweh Baru yaitu Desa Hajak dan Kelurahan Jingah, Kecamatan Montallat dari Kelurahan Tumpung Laung I, Kecamatan Teweh Timur diikuti Dedsa Jamut dan Desa Benangin I dan Kecamatan Gunung Timang dari Desa Batu Raya I.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Barito Utara Sugeng mengharapkan dengan adanya kegiatan ini para pembudidaya ikan akan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan dalam hal teknis budidaya ikan. Khususnya, teknis pembuatan pakan ikan yang mana pakan ikan ini merupakan biaya operasional paling besar yang harus disediakan oleh petani pembudidaya ikan dalam kegiatan usaha yang dijalankan.

“Dengan adanya kegiatan pelatihan teknis pembuatan pakan ikan diharapkan akan memberikan alternatif untuk mengurangi biaya operasional pembelian pakan. Dan dapat mengelola usahanya, dengan tujuan akhir akan dapat meningkatkan produksi dan pendapatan pembudidaya ikan,” kata Sugeng.

Sugeng juga mengharapkan dan berpesan kepada para pembudidaya ikan agar ilmu yang didapat dari kegiatan tersebut bisa diterapkan di tempat usaha dan juga dapat diteruskan kepada teman-teman yang mempunyai niat dan kemauan untuk menjalankan usaha budidaya ikan khususnya ikan air tawar.

Diharapkan juga dengan kegiatan ini terjalin kerjasama kelompok pembudidaya ikan untuk berusaha meningkatkan dan mengembangkan usaha budidaya perikanan guna mendukung program pemerintah meningkatkan ketahanan pangan karena seperti diketahui bahwa ikan juga merupakan sumber ketahanan pangan nasional.

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan Marzuki mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada petani atau pembudidaya ikan. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru